94

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Assalamuala’alaikum wr. wb.


Random Access Memory (RAM) adalah  memori internal yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan instruksi-instruksi program yang bersifat sementara atau semi permanen. RAM juga termasuk bagian terpenting pada sebuah PC/Laptop. RAM menetukan kemampuan sebuah PC/Laptop. RAM memiliki berbagai kapasitas/ukuran, ada yang 1GB,2GB dan 4GB. 

Masalahnya terkadang  RAM yang dicolotkan dalam PC/Laptop cobt berkapasitas kecil sehingga membuat kinerja PC/Laptop cobt menjadi lambat. Tapi Don’t Worry, RAM masih bisa di Upgrade atau ditambah kapasitasnya, banyak orang mengantisipasi hal tersebut dengan meng-upgrade RAM, tentunya bukan masalah besar bagi mereka yang memiliki kantong tebal.
Tapi sebagian kalangan seperti mahasiswa, masalah harga juga menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan karena harga untuk meng-upgrad RAM bukanlah harga yang murah dan sesuai dengan kantongnya. Nah…!!! Sekali lagi Don’t Worry karena Blog Si Taufik akan kasih tau solusinya yaitu dengan Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM.

Langkah-langkah untuk Mengubah Flashdisk Menjadi RAM :

1. Siapkan Flashdisk dengan kapasitas berapa saja.

2. Colotkan Flashdisk ke Port USB , disini perlu di INGAT…! Port yang di colotkan flasdisk ini adalah port yang khusus hanya di gunakan untuk flashdisk yang akan di ubah menjadi RAM,  JANGAN di per-guna-kan selain untuk FLASHDISK tsb.

3. Buka Windows Explore > Rename Flasdisk menjadi RAM Driver.

4.  Kemudia buka My Computer > Properties >Advanced system settings

5. Maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini, Klik pada Tab Advanced > Setting
6. Selanjutnya akan tampil halaman sbb,  Klik Change