Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat OS Versi Kita Sendiri Melalui Suse Studio

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

image

Blog Si Taufik- Sistem operasi (operating system /OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya

 

Sistem operasi merupakan perangkat lunak utama yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi lain pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting ( Ref : http://id.wikipedia.org )

 

Beberapa jenis Sistem Operasi (operating system /OS) antara lain :
1. Windows
2. Linux
3. Mac Os
4. Dll

Kesempatan ini Admin akan mencoba share sedikit apa yang admin tau mengenai bagaiman cara membuat OS versi kita sendiri melalui situs Suse Studio, baiklah cobt langsung saja bagaimana caranya mari kita pelajari bersama, Cekidot…!

 

Langkah-Langkah Membuat Os Versi Sendiri

1. Buka Situs Suse Studio

 

2. Silahkan Login terlebih dahulu dengan akun yang cobt punya, baik menggunakan akun Google, Facebook, Twitter atau lainya seperti yang terlihat pada gambar berikut :

 

image

 

3.  Pada Tutorial ini saya Login dengan menggunakan akun Facebook, maka akan ada instuksi bahwa situs “Suse Studio ingin mengakses profil publik, daftar teman dan alamat email Anda” Klik Oke untuk memberikan ijin dan melanjutkan ke langkah selanjutnya.

 

image

 

4. Selanjutnya cobt akan melihat pemberitahuan bahwa cobt telah berhasil login dan siap untuk memulai. Jangan lupa berikan tanda centang pada kota  “Yes I have read and agree to the Terms Of Use” dan klik Continue>> untuk melanjutkan.

image

 

5. Kemudian cobt akan masuk ke halaman utama

image

6.  Pilih Menu Software dan silahkan cobt pilih software apa saja yang ingin disertakan dalam Os ini, lihat software-software yang tersedia pada “Selected software

image

7. Selanjutnya pilih Menu Configuration dan pilih General, Silahkan cobt isi seperti gambar dibawah ini

image

8. Langkah selanjutnya pilih menu Personalize  dan silahkan cobt pilih Logo yang tersedia pada Appliance logo, atau bila cobt memiliki logo sendiri, silahkan pilh “Upload new Logo” . Jangan lupa juga untuk memilih Background pada Apliance background cobt juga bisa mengupload background lainnya dari Pc/Laptop cobt dengan cara pilh “Upload new background”

image

9.  Selanjutnya pilih menu Startup, pada Start in runlevel pilih “5: Graphical Login”, disini cobt bisa mengisi sepatah kata yang akan tampil ketika booting dengan cara pilih “Add a new EULA”

image

10. Selanjutnya pilih menu Buid, silahkan cobt isi version  dan pilih Default format yang dinginkan, kemudian Klik Build, untuk menciptakan Os.

image

11. Maka cobt bisa melihat proses buid yang sedang berjalan. Tunggu beberapa menit sampai selesai.

image

12.  Bila proses telah siap akan tampil pemberitahuan dan akan terlihat seperti gambar berikut.

image

13. Sekarang Os versi cobt telah berhasil cobt buat tinggal mendownloadnya.

Nah Sekian dulu pembahasan kita mengenai Cara Membuat OS Versi Kita Sendiri Melalui Suse Studio, untuk melihat bagaiman hasil Os ini, cobt bisa menjalankannya dengan menggunakan Aplikasi VirtualBox , jika ini bermanfaat silahkan share ke cobt lainnya, dan jangan lupa untuk ninggalin komentarnya dibawah, di lain kesempatan dan waktu kita akan berjumpa lagi di ruang yang sama, insyaallah. Terimakasih

 

Selamat Mencoba & Semoga Bermanfaat

“ Tinggalkan Sebuah Komentar Anda Berupa Kritik/Saran Yang Bersifat Membangun”

Wassalam

Teuku Taufik
Teuku Taufik Hi, Taufik disini dan Saya adalah seorang pembelajar yang menyukai kegiatan Blogging, Digital Marketing, Traveling

6 comments for "Cara Membuat OS Versi Kita Sendiri Melalui Suse Studio"

  1. keren ni gan caranya, kpan2 ane prktekin..

    ReplyDelete
  2. Siippp,, ini udah 100% work jadi OS kan..?

    ReplyDelete
  3. kk.. aku mau tau nih, gimana sih cara membuat sistem operasi seperti windows, dan apa os yang kita buat dari suse studio ini dapat digunakan dan menggantikan os kita sebelumnya.. kalo bisa aku akan mengganti os ku dengan os yang aku buat

    ReplyDelete
  4. Keeereeeeennnnnn

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mas, artikel nya sangat bagus .. saya ingin membuat os asli karya saya yang bisa menyaingi apple dan windows .. Mimpi serta diiringi doa ..

    Bersilaturahmi yaa serilkom.blogspot.com

    ReplyDelete